Virus Covid -19 terus memperluas penyebarannya di wilayah Provinsi Lampung. Menurut data yang diperoleh dari Website Dinas Kesehatan Provinsi Lampung kemarin, 5 Juni 2020, masyarakat Lampung yang berstatus PDP berjumlah 114 orang, yang berstatus ODP berjumlah 3188 orang, dan yang berstatus positif Covid-19, berjumlah 141 kasus.

Lalu apa itu ODP, OTG, dan PDP?

Berikut ini adalah pengertian istilah – istilah tersebut diatas berdasarkan buku Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Kementrian Kesehatan RI.

1. ODP
Adalah merupakan orang yang memiliki gejala panas badan atau gangguan saluran pernapasan ringan, dan pernah mengunjungi atau tinggal di daerah yang diketahui sebagai daerah penularan virus tersebut.

Atau mereka adalah orang sehat yang pernah kontak erat dengan orang yang positif terkonfirmasi Corona. Riwayat kontak erat dengan positif Covid-19 terjadi dalam 14 hari terakhir sebelum gejala.

2.PDP
Adalah mereka yang memiliki gejala panas badan lebih dari 38 derajat Celcius atau gangguan saluran pernapasan seperti pilek, batuk, atau sakit tenggorokan dan tidak ada penyebab lain berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan serta pada 14 hari sebelum timbul gejala memenuhi salah satu kriteria berikut:

– memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di luar negeri yang melakukan tramsmisi lokal
– pernah melakukan kontak langsung dengan kasus terkonfirmasi Corona

3. OTG
Adalah mereka yang tidak begejala akan tetapi beresiko tertular darinoranv yang terkonfirmasi positif Corona. Kategori OTG juga memiliki riwayat kontak berat baik kontak fisik, maupun berada dalam ruangan dengan radius satu meter dari pasien penderita Covid-19.

Beda OTG dengan ODP adalah pada pemeriksaan awal OTG tidak menunjukan gejala sama sekali, sedangkan ODP sudah memiliki riwayat atau sedang demam tinggi diatas 38 derajat celcius.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here