INFOWAW.COM, TUBABA- Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat (TUBABA) Lampung, menggelar acara pekan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tahun 2019 di Komplek Islamic Center Tubaba pada (24/7/2019).

Berdasarkan Pantauan Infowaw.com, Bupati Tubaba H.Umar Ahmad, dalam pidatonya sekaligus menyampaikan amanat menteri lingkungan hidup dan kehutanan Republik Indonesia, bahwa peringatan hari lingkungan hidup sedunia tahun 2019 ditandai dengan peringatan dari Word Health Organization (WHO) tentang salah satu ancaman terbesar terhadap kesehatan manusia yaitu Polusi Udara.

“Pada Setiap tahun tanpa kita sadari bahwa sebanyak 7 juta orang di dunia meninggal karena polusi udara, Tercatat 9 dari 10 orang terpapar pencemaran udara yang berasal dari kendaran bermotor, industri pertanian dan pembakaran sampah, Sehingga tidak heran jika United Nation Environment mengangkat tema Kendalikan Polusi Udara (Beat Air Pollution) untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada tahun 2019 ini.” Kata Umar Ahmad dalam pidatonya.

Bupati juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung Program penanaman pohon seumur hidup, hal tersebut untuk menjaga kualitas udara, air Tanah serta ekosistem di Bumi khususnya di Kabupaten Tubaba.

“Pemerintah saat ini sedang melakukan berbagai upaya untuk melestarikan lingkungan hidup, dan masih perlu terus ditingkatkan, dan kita juga harus terus menerus meneguhkan niat untuk menjaga lingkungan hidup dan melestarikan alam semesta yang ada disekitar kita, marilah kita giatkan lingkungan yang ramah dan menghijaukan lingkungan tempat tinggal kita agar sejuk, indah dan bebas polusi.” Jelasnya.

Menurut sejarah, Hari Lingkungan Hidup Sedunia diajukan oleh Jepang dan Senegal dalam Konferensi Stockholm, yang merupakan konferensi pertama PBB soal lingkungan hidup manusia pada 1972, Konferensi yang berlangsung di Stockholm, Swedia, pada 5 – 16 Juni 1972. Memutuskan bahwa 5 Juni setiap tahunnya sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Perayaan tersebut juga telah menjadi agenda rutin yang diselenggarakan Pemerintah Daerah Kabupaten Tubaba, meski tidak bertepatan pada tanggal dan bulan yang telah ditentukan sedunia.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tubaba, Ir. Amrullah menyampaikan bahwa Kegiatan yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup Daerah Tubaba dalam perayaan Hari lingkungan hidup sedunia, menghadirkan anak-anak usia dini dengan memberikan edukasi bertemakan Biru Langitku, Hijau Bumiku. Juga menggelar lomba acara mewarnai yang diikuti beberapa Sekolah Taman Kanak-kanak (TK) yang ada di Tubaba.

“Kita mencoba memulai untuk membangun kesadaran dalam pengendalian lingkungan hidup sejak dini, sehingga pada perayaan tahun ini kita melibatkan anak-anak usia dini agar termotivasi untuk melakukan sesuatu yang baik dan bermanfaat bagi lingkungan, untuk itu alhamdulillah hari ini Bupati, Wakil Bupati dan para pejabat tinggi pratama di lingkungan Pemda Tubaba turut bersama dalam kegiatan kita.” Imbuhnya. (Rian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here