INFOWAW.COM–TUBABA. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Tiyuh (Desa), menggelar Pelatihan Bambu dan desain grafis untuk masyarakat Tubaba.

Berdasarkan pantauan Infowaw.com, kegiatan tersebut dilaksanakan di Bruga Komplek Islamic Center Panaragan Jaya pada (8/10/2019) sekitar pukul 09.00 Wib.

Dikatakan Iwan Setiawan Selaku Kepala Bidang Kelembagaan Sosial Budaya Masyarakat dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Tiyuh (Desa) mengatakan, bahwa kegiatan ini dalam rangka Tiyuh Siaga Mandiri.

“Dalam kegiatan pelatihan kerajinan bambu ini, kita coba memberdayakan adat-adat masyarakat kita untuk mendukung salah satu program Pemerintah Daerah untuk mengembangkan potensi bambu di Kabupaten Tubaba.” Kata Iwan saat dikutip Infowaw.com.

Lanjutnya, adapun jumlah peserta dalam pelatihan ini total 24 orang dari 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Tumijajar, dan Tulang Bawang Udik. Yang memang ada beberapa juga merupakan binaan dari Dinas PMD.

“Yang kita dorong adalah untuk membuat branding produk-produk dari bahan bambu, yang bisa mengangkat nama Tubaba, Progres kita meskipun pesertanya tidak banyak tapi setidaknya setiap orang berhasil mengeluarkan Produk, Sementara ini sudah ada yang jadi seperti anyaman keranjang dan lainnya.” Terangnya.

Lebih jauh ia jelaskan, jadi tugas kita adalah memberikan polesan dan memberikan sedikit sentuhan agar menjadi produk yang bernilai tinggi, sehingga tentunya ini membangkitkan Potensi yang ada di Tubaba.

“Kita juga bekerjasama dengan Diskoperindag, karena Produk ini nantinya merekalah yang bisa lebih memasarkan karena Koperindag lah yang punya banyak Link pemasaran, Adapun penunjang anggaran dari kegiatan pelatihan ini berasal dari APBD Murni. Jadi kita sangat berharap agar kiranya kegiatan ini bisa membuahkan hasil dan kita akan terus memberdayakan bagaimana memajukan masyarakat kabupaten Tubaba.” Imbuhnya. (Rian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here