INFOWAW.COM-JAKARTA – Selasa, 17 September 2019
Anggota Komisi XI DPR RI Junaidi Auly menyoroti dampak kerugian ekonomi dari kebakaran hutan di wilayah yang terkena dampak.

“Terjadinya kebakaran hutan dan lahan ini sangat berdampak pada aktivitas dan aksesibilitas ekonomi masyarakat. Sebagian masyarakat terganggu baik dalam operasional produksi barang ataupun dalam hal perdagangannya” ujar Junaidi.

Data dari Bank Dunia memperkirakan kerugian akibat dari bencana kebakaran hutan dan kabut asap pada tahun 2015 yang dampaknya ke sektor kesehatan, pendidikan, penghidupan masyarakat di wilayah terdampak dan beberapa sektor lainnya yang kerugiannya mencapai senilai Rp 221 triliun.

Anggota yang biasa disapa Bang Jun ini menegaskan “Persoalan kebakaran hutan tidak hanya berkaitan dengan lingkungan dan kesehatan saja, tapi kompleks termasuk didalamnya terkait ekonomi masyarakat yang perlu menjadi perhatian bersama”

Legislator PKS asal Lampung ini berharap pemerintah segera melakukan langkah kongkrit dalam menyelesaikan dampak ekonomi yang timbul dari kebakaran hutan dan lahan ini. “Jika pemerintah tidak responsif dalam menyelesaikan masalah ini, maka dikhawatirkan dapat mengganggu kesejahteraan masyarakat sekitar,” tutup Bang Jun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here