INFOWAW.COM–TUBABA. Bupati kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung, bersama pemilik Sugar group yang biasa dipanggil nyonya Lee mencoba merasakan Kopi Asli dari Tubaba.

Berdasarkan pantauan Infowaw.com, Launching tersebut digelar di Rumah Badui Uluan Nughik kabupaten Tubaba pada (29/08/2019) sekitar pukul 11.00 Wib.

“Terima Kasih kepada ibu Lee yang telah bersedia berkunjungan ke Tubaba dan para tamu yang hadir, perlu saya jelaskan kepada bu Lee bahwa Tubaba merupakan masa depan, dengan semboyan Nedes, Nemen, Nerimo.” Kata Bupati Umar Ahmad dalam Sambutannya.

Lanjutnya, mungkin Tubaba bukanlah lahan yang terlalu cocok untuk bertanam kopi, namun beberapa bulan ini kita menemukan bahwa ada di pekarangan rumah masyarakat yang ditumbuhi kopi, sehingga itulah yang kita kembangkan.

Sementara itu dikatakan Nyonya lee, bahwa mereka siap memasarkan produk kopi khas Tubaba ini yaitu Kopi Excelsa, karena memiliki rasa dan aroma yang kuat.

“Kami siap memasarkan, tetapi dengan syarat harus konsisten, kemudian ada sedikit masukan kepada Barista agar kiranya jangan memetik kopi kalau lagi hijau. Jujur saja saya juga hobi dengan kopi, kita lagi gencar memasarkan kopi, seperti kopi papua, jadi kita selalu berikan peluang dan harga tinggi kepada mereka.” Jelasnya.

Lebih jauh ia jelaskan, bahwa Kopi memang banyak penggemar, bahkan dari lampung saja kami bisa jual 1000 ton per tahunnya, dan itu kebanyakan dari lampung barat.

Terpisah, menurut peracik kopi Uji, yang diundang langsung Bupati menyampaikan, bahwa kopi asli Tubaba ini memang benar-benar diambil dari pekarangan rumah warga yang menanam kopi tersebut.

“Kopi Excelsa ini memiliki citarasa yang khas, kemudian aromanya juga strong, jadi selama beberapa bulan ini kami meneliti dan menilai keunggulan kopi di Tubaba ini memang berbeda dari daerah lainnya.” Imbuhnya. (Rian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here