INFOWAW.COM, TUBABA –┬áKabupaten Tulang Bawang Barat (TUBABA) Lampung, membangun taman Kura-Kura terbesar di Indonesia, hal itu berawal dari tawaran Yayasan Sahabat Alam yang dipimpin oleh Ansori Djausal untuk pengembangan Kura-Kura di Kabupaten Tubaba beberapa waktu lalu.

Berdasarkan pantauan Infowaw.com. Hal tersebut diungkapkan wakil Bupati Tubaba Fauzi Hasan pada Selasa (23/7/2019) di kediaman dinasnya. Menurutnya, bahwa Kura-Kura merupakan satwa yang cukup populer di dunia, menarik dan biaya pengembangan juga pun murah.

“Kami Pemerintah Daerah Tubaba menggandeng yayasan Sahabat Alam karena menurut kami ketika suatu saat ada pergantian kepemimpinan, objek wisata tersebut akan terus dikembangkan melalui MoU dengan yayasan Sahabat Alam yang kita ketahui sudah go internasional, dan bersedia untuk membantu mencari dana bantuan pengembangan dari donatur-donatur Internasional.” Kata Fauzi Hasan.

Atas gagasan tersebut menurut Fauzi Hasan, Bupati Tubaba Umar Ahmad menyerahkan sepenuhnya konsep pengembangan taman Kura-Kura kepada wakil Bupati Tubaba.

“Pak Bupati langsung beri mandat untuk pengembangan taman dimaksud, maka saat itu langsung kita sambut gagasan itu dengan membuat taman Kura-Kura di taman Agrowisata Pulung Kencana, dengan kondisi yang sederhana menurut kami dan sebisanya untuk dibuatkan kolam taman Kura-Kura.” Jelasnya.

Lanjutnya, saat kolam telah siap untuk di isi 42 ekor Kura-Kura yang telah dipersiapkan dari seputar darah Tubaba, ada beberapa hal teknis di Kolam yang harus direvisi, seperti material pasir, sehingga ada penataan kembali material yang ada agar air bisa tampak lebih jernih.

“Jadi beberapa waktu lalu beredar informasi pejabat injak Kura-Kura, itu karena suasana yang menggembirakan atas upaya pengembangan yang telah dilakukan, sehingga teman-teman di lokasi khilaf untuk berfoto, kemudian di besar-besarkan, akan tetapi yang perlu diketahui bahwa taman-taman Kura-Kura di Kabupaten Tubaba adalah taman Kura-Kura terbesar di Indonesia.” Ungkapnya.

Lebih jauh ia jelaskan, setelah taman Kura-Kura Tubaba telah selesai, wakil Bupati dan Ketua yayasan Sahabat Alam beserta rombongan mencoba untuk melengkapi taman tersebut dengan mengisi penangkaran tersebut dengan seluruh jenis Kura-Kura yang ada di pulau Sumatera yang memiliki 16 jenis Kura-Kura Sumatera bahkan Kura-Kura seluruh Indonesia yang memiliki 39 jenis.

“Hingga saat ini taman-taman Kura-Kura Tubaba yang cukup banyak jenisnya dan dari situlah kita mencoba dan berencana bersama yayasan Sahabat Alam untuk menjadikan taman Kura-kura Tubaba menjadi yang terlengkap di Indonesia karena di Indonesia belum ada pengembangan yang dilakukan bersama pemerintah daerah.” Imbuhnya. (Rian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here