INFOWAW.COM–TUBABA. Proses Tapal Batas yang dilakukan di wilayah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung, harus terkendala dikarenakan 3 dari 7 Tiyuh (Desa) Persiapan berbatasan langsung dengan kabupaten lain.

Berdasarkan pantauan Infowaw.com, hal tersebut diungkapkan Kepala Bagian Administrasi Wilayah Miral, dan Kasubag dari Tata Pemerintahan Yanto, saat dijumpai Infowaw.com pada (12/9/2019) pukul 10.44 Wib.

Dikatakan Kabag Adwil Miral, saat dijumpai Infowaw.com beberapa waktu lalu mengatakan, bahwa Sebanyak 7 Tiyuh Persiapan untuk Tapal Batas wilayah Kabupaten Tubaba sedang diproses.

“Namun Kendalanya Tapal batas itu pada Sekmen batas yang terkait dengan Tiyuh Pemekaran yang masih belum bisa dianggap clear dari Direktorat jenderal Administrasi kewilayahan, sementara dari daerah sudah dianggap clear. Namun dari kementrian yang sudah dianggap clear sebanyak 4 Tiyuh, yang mana Tiyuh tersebut memang tidak berbatasan langsung dengan kabupaten lain.” Kata Miral.

Terpisah, menurut Kasubag Tapem Yanto, bahwa untuk Tiyuh persiapan itu sebanyak 7 yang berkaitan dengan pemekaran, namun yang sudah clear 4 Tiyuh, Adapun 3 Tiyuh lainnya masih belum clear karena berbatasan langsung dengan kabupaten lain, sehingga masih Pro Kontra.

“Jadi 4 Tiyuh yang sudah Clear itu yakni, Tiyuh Gading Kencana, Kagungan Ratu Agung, Karta Raya, dan Marga Asri. Adapun yang belum clear yakni Tiyuh Karta Tanjung Selamet yang berbatasan dengan kabupaten Lampung Utara, Mekar Asri berbatasan dengan Lampung Tengah, dan Sido Agung yang berbatasan dengan kabupaten Tulang Bawang.” Imbuhnya. (Rian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here