INFOWAW.COM – Petugas Penjaga Pintu Utama (P2U) Lapas Kelas II A Sidoarjo berhasil menggagalkan dua aksi penyelundupan handphone (HP) yang dilakukan pembesuk tahanan, Sabtu (2/3). Kedua pelaku adalah Dwi Ariyanti, warga Desa Wangkal RT 2/RW 1, Kecamatan Krembung dan Samsul Huda, 24, warga Desa Porong RT 3/RW 6, Kecamatan Porong. Uniknya, pelaku memasukkan HP beserta chargernya ke dalam sandal untuk mengelabuhi petugas.

Kasubsi Bimkemaswat Lapas Kelas II A Sidoarjo Rudi Kristiawan menuturkan, aksi penyelundupan itu dilakukan pelaku saat ramainya jadwal kunjungan tahanan. Kejadian berawal saat komandan jaga mendapat informasi adanya upaya percobaan penyelundupan barang terlarang itu ke dalam lapas.

Dari informasi  tesebut, petugas P2U bergerak cepat untuk memantau pergerakan para pengunjung yang datang. Petugas di lapangan curiga dengan gerak-gerik kedua pengunjung tersebut. “Mereka jalnanya agak ditahan-tahan,” jelasnya.

Tak mau kecolongan, petugas akhirnya memeriksa intensif kedua pengunjung tersebut. Sandal kedua pelaku dimasukkan ke dalam x-ray yang ada di pintu masuk. Hasilnya, petugas berhasil menemukan HP beserta charger dan headset yang disembunyikan di dalam sandal. “HP dan perlengkapannya dimasukkan sandal, kemudian dijahit ulang,” imbuh Rudi.

Setelah ketahuan petugas, kedua pelaku pun tak mampu mengelak lagi. Keduanya mengakui segala perbuatannya.

Rudi melanjutkan, dari hasil rapat internal pihak lapas kedua pelaku akhirnya diberi sanksi untuk dilarang mengunjungi napi yang ada di dalam lapas. Begitu juga napi yang bersangkutan juga dilarang dikunjungi untuk sementara waktu.

Sementara itu, Kalapas  Kelas II A Sidoarjo Muhammad Susani mengungkapkan jika pihaknya mengapresiasi kepekaan petugas di lapangan. Da berharap dengan adanya upaya percobaan penyelundupan itu semakin meningkatkan ketelitian petugas dilapangan. “Napi akan cari seribu cara untuk menyelundupkan barang terlarang, petugas harus tetap waspada,” ujar Sani. (son/nis)(sb/son/jay/JPR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here