INFOWAW.COM–TUBABA. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tulangbawang Barat (TUBABA) Lampung, menerima sebanyak 13 Tenaga Nusantara Sehat dari Pemerintah Pusat, dalam rangka untuk memenuhi kekurangan tenaga kesehatan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan Prana Putra, didampingi Sekretaris Majril.S.Kep, saat dijumpai media Infowaw.com diruang kerjanya pada (4/11/2019) pukul 08.53 Wib.

“Untuk Kabupaten Tubaba ini, kita mendapat 4 bagian Tenaga Nusantara Sehat, yaitu Analis, Farmasi, Kesling, dan Gizi, adapun penempatannya mereka sendirilah yang memilih untuk bekerja di daerah mana, serta gaji mereka pun langsung dari Pemerintah Pusat yang memberikan.” Kata Majril.

Lanjutnya, Tenaga Nusantara Sehat itu merupakan Tenaga Teknis Kesehatan yang direkrut dari Kementerian Kesehatan, untuk kemudian disalurkan di beberapa daerah seluruh Indonesia, sesuai kebutuhan daerah masing-masing.

“Dalam mendapatkan Tenaga tersebut tentunya ada prosedur, yang mana kita sebelumnya telah mengisi usulan secara online melalui aplikasi Nusantara Sehat, baru kemudian kita dipanggil oleh Kementerian untuk ikut ngedase, dan telah disetujui sebanyak kurang lebih 25 orang di bulan Maret lalu, namun tetap melihat bagaimana keadaan nantinya, dan didapatlah pada bulan Oktober sebanyak 5 orang, dan bulan November ini mendapat kembali sebanyak 8 orang, jadi sampai saat ini ada 13 orang yang sudah terkirim ke Tubaba.” Jelasnya.

Lebih jauh ia jelaskan, untuk di Provinsi Lampung ini hanya ada 2 Kabupaten yang mendapat Tenaga tersebut, yaitu Kabupaten Tulang Bawang dan Tulangbawang Barat. Yang menjadi dasar Kabupaten Tubaba mendapat Tenaga Kesehatan tersebut, yaitu berdasarkan data kebutuhan Tenaga Kesehatan yang ada di Tubaba, jadi kita mengusulkan sesuai kebutuhan tersebut.

Adapun untuk daftar Nama Tenaga Nusantara Sehat Periode 8 bulan Oktober 2019 yaitu, Ici Dwi Purwasih, Amd.Gz jenis tenaga Gizi dengan penempatan UPTD Puskesmas Rawat Inap Mampu Poned Dayamurni, Alam Robbani Annur, Amd.Farm jenis tenaga Farmasi di UPTD Puskesmas Rawat Inap Mampu Dayamurni, Sundari Trisna Juwita, A.Md.Ak jenis tenaga Analis Kesehatan di UPTD Poned Paragan Jaya, Dwi Larasati, S.Tr.Kl jenis tenaga Kesehatan Lingkungan di UPTD Poned Sukajaya, Deli Akhmad,S.K.M jenis tenaga Kesehatan Masyarakat di UPTD Poned Panaragan Jaya.

“Sementara untuk yang periode 9 bulan November ini yaitu, Nur Fauziah jenis tenaga Gizi di UPTD Poned Toto Mulyo, Elissa Fajrin jenis tenaga Gizi di UPTD Poned Dayamurni, Al Faza Nurmalita jenis tenaga Kesehatan Lingkungan di UPTD Poned Kibang Budi Jaya, San Maulina.S jenis tenaga Kesehatan Lingkungan di UPTD Poned Panaragan Jaya, Kartika.D jenis tenaga Gizi di UPTD Poned Mulya Asri, Gilang Ramadhan jenis tenaga Analis di UPTD Poned Pagar Dewa, Suranto jenis tenaga Kesehatan Lingkungan di UPTD Poned Suka Jaya, dan terakhir Widia jenis tenaga Apoteker di UPTD Poned Panaragan Jaya.” Imbuhnya. (ADV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here